Jigsaw adalah tipe
pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model
pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap
pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya
mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan
mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.
Sesuai dengan namanya, teknis
penerapan tipe pembelajaran ini maju mundur seperti gergaji. Menurut Arends
(1997). Sebelum saya memberikan
skenario model pembelajaran Jigsaw, saya sudah mewawancarai seorang guru yang kebetulan adalah tetangga saya.
Jadi menurut beliau, model pembelajaran ini dapat melatih siswa untuk lebih aktif
dalam berbicara dan berpendapat dan pemerataan penguasaan materi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat.
Berikut adalah skenario model pembelajaran jigsaw:
1. Pertama,
guru akan memberikan penjelasan tentang metode pembelajaran yang akan
dilaksanakan termasuk bidang studi apa yang akan menjadi pokok bahasan.
2. Kedua,
guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok serta menjelaskan tugas untuk
masing-masing kelompok. Kelompok ini disebut kelompok awal.
3. Siswa
diberi kesempatan untuk membaca materi selama 7 menit dan diharapkan siswa dapat menyerap informasi
sebanyak-banyaknya pada kesempatan ini.
4. kemudian
siswa diberi Lembar Kerja (LK) dan diberi waktu 8 menit untuk mengerjakan lembar kerja tersebut
5. Setiap
siswa dalam satu kelompok menyebar/pindah ke kelompok lain untuk mendapatkan
informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang dipelajari oleh kelompok
lain. Siswa diberi kesempatan untuk berpindah-pindah kelompok selama 10 menit
dan siswa diharapkan dapat menyerap dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
dari kelompok lain.
6. Siswa
kembali ke kelompok awal untuk mendiskusikan informasi yang diperoleh selama 10
menit
7. Kemudian
salah satu anggota kelompok berlatih untuk memasukkan data ke komputer dengan
menggunakan program inspiration selama 20 menit. Setelah itu siswa akan mebuat peta konsep di
komputer dan kelompok lain akan memasukkan informasi ke chart yang telah
disediakan. Pada tahap ini siswa diberikan waktu selama 20 menit untuk menyelesaikan tugasnya.
8. Pada
5 menit terakhir guru akan memberikan penguatan dari tugas yang harus
dikerjakan siswa di rumah.
Sumber :
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar