Subscribe:

Pages

Sabtu, 14 September 2013

Skenario Model Pembelajaran Jigsaw



Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang dikembangkan oleh Elliot Aronson’s. Model pembelajaran ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.
Sesuai dengan namanya, teknis penerapan tipe pembelajaran ini maju mundur seperti gergaji. Menurut Arends (1997). Sebelum saya memberikan skenario model pembelajaran Jigsaw, saya sudah mewawancarai seorang guru yang kebetulan adalah tetangga saya. Jadi menurut beliau, model pembelajaran ini dapat melatih siswa untuk lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat dan pemerataan penguasaan materi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat.
Berikut adalah skenario model pembelajaran jigsaw:
1.    Pertama, guru akan memberikan penjelasan tentang metode pembelajaran yang akan dilaksanakan termasuk bidang  studi apa yang akan menjadi pokok bahasan.
2.    Kedua, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok serta menjelaskan tugas untuk masing-masing kelompok. Kelompok ini disebut kelompok awal.
3.    Siswa diberi kesempatan untuk membaca materi selama 7 menit dan diharapkan siswa dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya pada kesempatan ini.
4.    kemudian siswa diberi Lembar Kerja (LK) dan diberi waktu 8 menit untuk mengerjakan lembar kerja tersebut
5.    Setiap siswa dalam satu kelompok menyebar/pindah ke kelompok lain untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang dipelajari oleh kelompok lain. Siswa diberi kesempatan untuk berpindah-pindah kelompok selama 10 menit dan siswa diharapkan dapat menyerap dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kelompok lain.
6.    Siswa kembali ke kelompok awal untuk mendiskusikan informasi yang diperoleh selama 10 menit
7.    Kemudian salah satu anggota kelompok berlatih untuk memasukkan data ke komputer dengan menggunakan program inspiration selama 20 menit. Setelah itu siswa akan mebuat peta konsep di komputer dan kelompok lain akan memasukkan informasi ke chart yang telah disediakan. Pada tahap ini siswa diberikan waktu selama 20 menit untuk menyelesaikan tugasnya.
8.    Pada 5 menit terakhir guru akan memberikan penguatan dari tugas yang harus dikerjakan siswa di rumah.

   Sumber :
                           http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html

0 komentar:

Poskan Komentar